Reservasi / Pemesanan Hub. 081 247 134 134 (24 Jam) Atau (0911) 3820126 order@keliling-ambon.id

MUSEUM SIWALIMA AMBON

Museum Di Kota Ambon – Provinsi Maluku yang terkenal dengan kekayaan laut dan budayanya  memiliki tempat khusus yang dapat anda kunjungi untuk mengetahui lebih dekat sejarah maluku, budaya maluku, maupun sejarah kelautan di Maluku. Museum tersebut terletak di daerah Taman Makmur atau sekitar 6 (enam) kilometer dari pusat kota Ambon. Museum ini diberi nama Siwalima, arti siwalima sendiri yaitu Siwa yang berarti sembilan yang menggambarkan sembilan kerajaan yang berada di wilayah selatan Maluku dan Lima yang diambil dari bahasa Maluku “Patalima” yang merupakan 5 kerajaan di wilayah utara Maluku. Bahasa Siwalima pun melekat pada lambang pemerintah Provinsi Maluku yang memiliki arti “persatuan dan kesatuan untuk mencapai kesejahteraan bersama”.

 

Baca Juga : Sejarah Patung Martha Christina Tiahahu

 

Museum Siwalima Ambon

Museum Siwalima

 

Museum Siwalima ini dibangun di atas bukit yang menghadap ke teluk Ambon, sehingga pengunjung dapat melihat hamparan laut teluk Ambon yang begitu cantik dan enak dipandang mata dari museum ini. Museum Siwalima didirikan pada tanggal 8 November 1973 dan diresmikan kurang lebih 4 tahun kemudian yaitu tepatnya pada tanggal 26 Maret 1977. Awalnya Museum ini hanya 1 bagian saja, namun karena tidak mampu lagi memuat barang-barang bersejarah, akhirnya dibangunlah 1 bangunan tambahan. Bangunan pertama memuat barang-barang kelautan Maluku dan didalamnya terdapat kerangka ikan Paus besar, bangunan kedua lebih cenderung menyimpan barang-barang yang berhubungan dengan budaya Maluku diantaranya barang-barang bersejarah peninggalan bangsa Cina, bangsa Eropa yang pernah memasuki perairan Maluku dan juga barang-barang kerajinan seperti kain tanimbar, pahatan kayu dan ornamen-ornamen khas Maluku lainnya.

Lukisan di Museum Siwalima

 

Kerangka Ikan Paus di Museum Siwalima

Untuk masuk ke dalam museum siwalima, pengunjung dikenakan tarif masuk dengan beberapa kategori, salah satunya adalah tarif untuk wisatawan asing yaitu sebesar Rp. 10.000,- (sepuluh ribu rupiah) namun jika anda bukan termasuk kedalam kategori wisatawan asing anda hanya membayar Rp. 3.000,- (tiga ribu rupiah). Jika anda memerlukan informasi lebih dalam terkait dengan benda-benda yang dipamerkan didalam museum ini, anda dapat menghubungi petugas tanpa dikenakan biaya tambahan.

Perahu di Museum Siwalima

 

Koleksi Museum Siwalima

 

Koleksi Kerang Mutiara di Museum Siwalima

Dekat dengan museum ini juga terdapat hotel dan restoran di pinggir laut yang dapat anda kunjungi untuk mengisi perut anda setelah lelah mengunjungi museum Siwalima ini.

Baca Juga : Restoran di Kota Ambon

Kirimkan Pesan Anda
Hubungi Kami
MEDIA RENTAL CAR & TOUR AMBON
CV.Media Lintas Sarana Maluku
#LangganannyaPejabat #LangganannyaWisatawan #LangganannyaSelebritis
Kami Menyediakan Berbagai Jenis Kendaraan Dengan Transmisi Matic dan Manual.

Silahkan Tulis Pesan Anda
Powered by