Reservasi / Pemesanan Hub. 081 247 134 134 (24 Jam) Atau (0911) 3820126 order@keliling-ambon.id

Papeda

Setiap tamu yang datang berkunjung ke Kota Ambon, selalu bertanya kepada kami, dimana lokasi atau restoran yang menyediakan Papeda ? Terkadang adapula tamu yang langsung mengajak supir kami untuk langsung menuju lokasi atau restoran yang menyediakan makanan khas Maluku ini. Papeda dijual hampir di semua restoran seafood di Ambon, bagi kami masyarakat Ambon, makan papeda bukanlah menjadi sesuatu yang mewah, tetapi makanan ini bagi kami merupakan makanan yang paling enak pengganti nasi atau beras. Papeda dibuat dari bahan-bahan sederhana yaitu tepung sagu, namun proses pembuatan makanan ini tidak semua orang bisa memasaknya dengan sempurna, perlu keterampilan ditambah dengan sedikit “feeling” atau perasaan agar bentuk papeda ini menjadi sempurna (tidak menggumpal ataupun tidak terlalu encer seperti bubur)

Papeda Di Sulawesi Dikenal Dengan Istilah Kapurung

Selain di Ambon, ternate ataupun papua, daerah lain yang sering menyajikan makanan yang sangat identik dengan papeda adalah Sulawesi Selatan. Di Sulawesi, Papeda dikenal dengan istilah Kapurung, dimana bahan baku pembuatannya pun sama seperti dengan Papeda yang ada di Maluku. Jadi apabila anda belum sempat ke Maluku namun kebetulan anda berada di Sulawesi dan mau merasakan cita rasa papeda, maka disarankan anda dapat mencari rumah makan yang menjual Kapurung.

Papeda dan Ikan Kuah Kuning

Di daerah Maluku, memakan papeda biasanya disajikan makanan lainnya yaitu ikan kuah kuning, karena jika kita hanya memakan papedanya saja tanpa ada ikan kuah kuning, dijamin anda akan merasakan sensasi yang aneh karena papeda sendiri selain teksturnya seperti lem, juga tidak memiliki rasa apapun, sehingga orang Maluku selalu menambahkan ikan dengan kuah kuning secara bersamaan. Ikan kuah kuning adalah ikan yang dimasak dengan campuran bumbu-bumbu dengan tambahan kunyit sebagai penambah cita rasa dan sudah tentu adanya kunyit akan membuat warna masakan ini berwarna kuning. Ikan kuah kuning inilah yang akan menimbulkan rasa ketika kita memakan papeda, biasanya ada rasa sedikit asam dan sedikit pedas. Ikan yang ditambahkan didalam campuran kuah kuning ini bisa ikan apa saja tergantung selera, bisa ikan kakap, ikan kerapu atau ikan apapun sesuai dengan selera kita.

Restoran Di Ambon Yang Menjual Papeda

Hampir di semua restoran seafood di Kota Ambon menjual papeda, namun ketika anda memesan makanan ini, disarankan untuk memesan setengah porsi saja, karena agak mubazir apabila anda memesan 1 porsi papeda, karena saya sendiri yang sudah terbiasa memakan makanan ini, untuk ukuran 1 porsi sudah terlalu banyak, terkadang juga tidak habis, sehingga berpotensi untuk dibuang, karena jika disimpan hingga dingin, maka papeda akan menggumpal dan kenyal seperti karet. Anda dapat mencoba makanan ini di beberapa restoran terkenal seperti Restoran Dua Ikan di Lateri, Restoran Sari Gurih, Restoran Cili Padi, Restoran Rasa Gurih dan restoran seafood lainnya di Kota Ambon.

Kirimkan Pesan Anda
Hubungi Kami
MEDIA RENTAL CAR & TOUR AMBON
CV.Media Lintas Sarana Maluku
#LangganannyaPejabat #LangganannyaWisatawan #LangganannyaSelebritis
Kami Menyediakan Berbagai Jenis Kendaraan Dengan Transmisi Matic dan Manual.

Silahkan Tulis Pesan Anda
Powered by