Reservasi / Pemesanan Hub. 081 247 134 134 (24 Jam) Atau (0911) 3820126 order@keliling-ambon.id

Konflik Sosial Di Maluku

Sebelum kita membahas tentang Gong Perdamaian Dunia Yang Dibangun di Kota Ambon Maluku, mari kita melihat latar belakang Kota Ambon pada tahun 1999 yang lalu. Pada masa tersebut masyarakat Maluku terkenal dengan toleransinya, namun dalam seketika berubah menjadi lautan darah yang menelan ribuan nyawa melayang sia-sia akibat konflik yang muncul ditengah-tengah masyarakat kota Ambon pada tahun 1999 yang lalu yang dikenal dengan istilah Maluku Berdarah. Pemicu konflik sosial ini berawal dari masalah perkelahian biasa antara 2 orang pemuda yang kemudian meluas menjadi pertikaian 2 kelompok yang juga menurut penelitian para ahli ternyata pertikaian ini disusupi oleh kepentingan politik dengan menggunakan isu SARA sebagai pemicu yang akhirnya memakan korban sekitar 8000 – 9000 jiwa. Angka korban jiwa yang begitu besar mendapat perhatian dunia luar, karena menurut berbagai sumber, jumlah korban jiwa tersebut melebihi jumlah korban jiwa pada konflik Bosnia – Harzegovina.

 

Maluku Mulai Membangun Perdamaian

 

Gong Perdamaian Dunia Di Ambon

Peran serta Pemerintah dan Pemerintah daerah dalam membangun Perdamaian di Maluku akhirnya membuahkan hasil setelah ditandatanganinya Perjanjian Damai di Malino pada bulan Februari 2002, oleh kedua kelompok yang bertikai (dalam hal ini kelompok Muslim dan Kristen). Tokoh yang paling berperan dalam perdamaian ini adalah bapak HM. Jusuf Kalla yang pada saat itu menjabat sebagai Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat, Menteri Koordinator Politik dan Keamanan yang pada saat itu dijabat oleh Soesilo Bambang Yudoyona dan Bapak Da’i Bachtiar yang pada saat itu menjabat sebagai Kapolri. Kedua Kelompok yang bertikai tersebut akhirnya berdamai dan menghasilkan sebelas kesepakatan. Setelah ditandatanganinya perjanjian damai Malino tersebut, masyarakat Maluku mulai bangkit kembali untuk membangun Maluku secara total dengan menjaga toleransi antar umat beragama. Keberhasilan Maluku membangun toleransi antar umat beragama ditandai dengan suksesnya berbagai event keagaaman nasional yaitu MTQ Nasional Tahun 2012, Pesparawi Nasional  2017, Pesparani Nasional 2018, dan rencananya pada bulan Oktober 2020 mendatang akan diadakan event nasional Utsawa Dharma Gita yang merupakan event keagaamaan nyanyian suci umat Hindu. Hal ini menjadi kebanggaan masyarakat Maluku karena telah berhasil menjalin toleransi antar umat beragama.

 

Gong Perdamaian Dunia Merupakan Simbol Perdamaian Di Maluku

Gong Perdamaian Ambon

World Peace Gong atau Gong Perdamaian Dunia merupakan simbol perdamaian dunia yang pertama kali dibangun di Kota Penglai China pada Agustus 2004 yang lalu, hingga tahun 2019 telah dibangun Gong Perdamaian Dunia di 50 negara. Di Indonesia sudah dibangun beberapa Gong Perdamaian Dunia Dan Gong Perdamaian Nusantara diantaranya di Bali, Ambon, Ciamis, Blitar, Bogor, Palu, Yogyakarta, Kupang, Jepara, Singkawang, Bandung dan Mamuju. Gong Perdamaian Dunia yang dibangun di Kota Ambon Maluku merupakan simbol perdamaian atas tragedi kemanusiaan ataupun konflik sosial yang terjadi pada tahun 1999 yang lalu. Konflik sosial yang menorehkan luka bagi masyarakat kota Ambon akhirnya berujung dengan perdamaian. Sedikit demi sedikit masyarakat Maluku khususnya kota Ambon semakin sadar dalam membangun toleransi yang hampir hilang dengan berusaha mencari pola hidup positif dalam bentuk saling mengasihi dan saling menghormati antar umat beragama. Gong Perdamaian Dunia di Kota Ambon Maluku merupakan bukti nyata bahwa dari upaya Pemerintah yang ikut juga berperan aktif dalam membangun perdamaian. Monumen Gong Perdamaian Dunia ini diresmikan pada tanggal 25 November 2009 oleh Presiden Indonesia ke-6 yaitu Bapak Soesilo Bambang Yudhoyono. Hingga saat ini Gong Perdamaian Dunia tersebut menjadi salah satu objek wisata sejarah di Kota Ambon yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal dan mancanegara yang berkunjung ke Maluku.

Kirimkan Pesan Anda
Hubungi Kami
MEDIA RENTAL CAR & TOUR AMBON
CV.Media Lintas Sarana Maluku
#LangganannyaPejabat #LangganannyaWisatawan #LangganannyaSelebritis
Kami Menyediakan Berbagai Jenis Kendaraan Dengan Transmisi Matic dan Manual.

Silahkan Tulis Pesan Anda
Powered by