Reservasi / Pemesanan Hub. 081 247 134 134 (24 Jam) Atau (0911) 3820126 order@keliling-ambon.id

Pelabuhan Ambon

Pelabuhan Ambon atau yang lebih sering dikenal dengan nama Pelabuhan Yos Sudarso merupakan pelabuhan dengan tipe kelas 4 yang menurut Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 61 Tahun 2009 Tentang Kepelabuhanan maka Pelabuhan Ambon masuk kedalam kategori Pelabuhan Utama, dimana Pelabuhan tersebut berfungsi untuk melayani jasa angkutan laut baik dalam negeri maupun internasional dan juga melayani pengangkutan penumpang dan barang dalam jumlah besar dengan area pelayanan antar provinsi. Sebagai Pelabuhan Utama,maka sudah dapat dipastikan bahwa volume persinggahan kapal di Pelabuhan Yos Sudarso semakin banyak dan juga memerlukan lokasi pelabuhan yang luas untuk menampung barang ataupun melayani penumpang dalam jumlah besar. Untuk memperluas kawasan Pelabuhan Ambon tersebut, maka PT. Pelindo 4 Cabang Ambon setiap tahun terus berbenah diri dalam mengelola pelabuhan di Ambon dengan baik salah satunya yaitu melakukan perluasan pelabuhan dengan sistem reklamasi, sehingga dengan diperluasnya kawasan pelabuhan maka akan mempercepat dweeling time atau waktu dari proses dimulainya bongkar muat barang hingga barang dibawa keluar dari Pelabuhan.

Pelabuhan Yos Sudarso Sebagai Pintu Masuk Bisnis

Menurut informasi yang kami dapat dari PT.Pelindo IV, saat ini Pelabuhan Ambon Yos Sudarso sudah mampu menampung peti kemas hingga sebanyak 125.000 Peti Kemas, namun hal tersebut masih dirasakan kurang karena pertumbuhan ekonomi di Maluku terus meningkat setiap tahun. Untuk itu peambahan sky way pun dilakukan dengan konstruksi yang kuat dan tahan gempa, mengingat Ambon merupakan daerah yang rawan gempa bumi. Bongkar muat Kapal-kapal barang yang bersandar di Pelabuhan Yos Sudarso, setiap hari terus menunjukan grafik peningkatan dan biasanya kontainer-kontainer yang masuk memuat supply bahan-bahan makanan yang berasal dari Jakarta, Surabaya dan Sebagian dari Makassar. Adapula kontainer yang memuat bahan-bahan proyek seperti semen, besi beton, baja ringan hingga hampir setiap ada aktifitas bongkar muat di Pelabuhan, sering terlihat adanya pengiriman mobil ataupun kendaraan alat berat yang berasal dari Pulau Jawa.

Pelabuhan Yos Sudarso Ambon

Selain itu komoditi unggulan di Maluku yang didominasi hasil laut pun menjadi sebuah primadona dimana sektor perikanan memiliki peranan besar dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sehingga aktifitas pengiriman hasil perikanan dalam jumlah besar hingga proses eksport pun sudah pernah terjadi di pelabuhan ini. Hal ini merupakan bukti bahwa pelabuhan ambon betul-betul berfungsi sebagai pelabuhan utama yang membantu aktifitas perekonomian di Maluku dalam lalu lintas keluar masuk nya barang di Maluku.

 

Baca Juga : Sewa Mobil Bulanan Di Ambon

 

Pelindo 4 Ambon

 

Pelabuhan Ambon Selalu Berbenah dan Mempercantik Diri

Sebagai salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia, Pelabuhan Ambon sebagai pintu masuk orang dari seluruh provinsi di Indonesia bahkan dari seluruh dunia yang hendak berwisata ke Maluku, terus berinovasi seiring perkembangan zaman hal ini dapat terlihat dari penggunaan teknologi berbasis informasi yang perlahan demi perlahan diterapkan seperti Sistem Informasi Perparkiran hingga terlihatnya beberapa videotron yang ditempatkan di beberapa titik pelabuhan penumpang yang berfungsi memberikan informasi kepada seluruh penumpang terkait dengan informasi seputar pelabuhan, informasi kearfian lokal maupun objek-objek wisata di Maluku khususnya di Kota Ambon. Sebagai Pelabuhan yang lokasinya di ibukota provinsi Maluku yang terkenal dengan gugusan pulau-pulau dan potensi wisata bahari yang berciri khas wisata bawah laut maka Pemerintah pun berupaya membantu mempromosikan Maluku lewat Event kepariwisataan salah satu event yang sukses dan telah menyerap kunjungan wisata di Maluku adalah Sail Banda. Tercatat juga dalam kurun waktu 3 tahun terakhir belakangan ini, Pelabuhan Ambon disinggahi kapal-kapal pesiar yang memuat ribuan wisatawan asing, hal ini menunjukan bahwa  Pelabuhan Ambon sudah semakin siap untuk menerima kedatangan tamu-tamu wisata yang diharapkan dapat meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat.

Baca Juga : Festival Teluk Ambon

Kirimkan Pesan Anda
Hubungi Kami
MEDIA RENTAL CAR & TOUR AMBON
CV.Media Lintas Sarana Maluku
#LangganannyaPejabat #LangganannyaWisatawan #LangganannyaSelebritis

Kami Menyediakan Berbagai Jenis Kendaraan Dengan Transmisi Matic dan Manual.

Silahkan Kirim Pesan Anda, Dengan Menekan Tombol Kirimkan Pesan Dibawah ini :
Powered by