Reservasi / Pemesanan Hub. 081 247 134 134 (24 Jam) Atau (0911) 3820126 order@keliling-ambon.id

Ikan Asap Ambon

Ikan Asap Ambon – Orang Ambon Sendiri mengenalnya dengan sebutan Ikan Asar Galala, Merupakan salah satu Kuliner Khas Ambon Murah Yang Bisa Anda Coba untuk kemudian dibawa menjadi oleh-oleh keluarga di rumah ataupun rekan kerja anda. Ambon terkenal dengan komoditi hasil perikanannya yang melimpah, salah satu hasil perikanan yang mudah didapat dan menjadi primadona nelayan di Ambon adalah Ikan Komu, Ikan Tuna, Ikan Cakalang, Ikan Tongkol. Kenapa menjadi primadona nelayan ? sudah tentu karena harga jualnya yang cukup menjanjikan, baik itu untuk pasar lokal maupun pasar ekspor atau pasar internasional. Untuk menjangkau pasar ekspor maka ada kategori ikan yang dapat diekspor dan mesti melewati beberapa pemeriksaan diantaranya ukuran ikan, berat ikan maupun jenis ikannya, sehingga banyak nelayan di ambon yang lebih cenderung menjual hasil tangkapannya kepada pedagang ikan asap, karena mereka menginginkan perputaran uang yang lebih cepat daripada harus diekspor ataupun dijual kepada pengepul ikan.

Ikan Asap Galala

 

Proses Pengasapan Ikan Asar Ambon

Proses pengolahan Ikan  ini yaitu dengan cara ikan segar yang siap diolah, dicuci, kemudian dibuang isi perutnya, lalu ikan dibelah secara vertikal menjadi 2 bagian, kemudian ditaburi garam secukupnya ada juga yang direndam selama beberapa menit dengan air garam dan terakhir ditusuk dengan sebilah rotan khusus, kemudian diletakan ditungku pengasapan. Menurut Wikipedia Proses Pengasapan ini adalah salah satu cara memasak, memberi aroma, atau pengawetan makanan yang diasapi dengan panas dan asap yang dihasilkan dari pembakaran kayu, tidak diletakan dekat dengan api agar tidak terpanggang atau terbakar. Selain dijadikan oleh-oleh yang dapat anda bawa pulang ternyata ikan ini juga menjadi primadona masyarakat Ambon sebagai makanan lokal yang mereka olah kembali di rumah dengan tambahan variasi bumbu seperti kuah santan, saus sambal tomat, sambal petai ataupun cukup dengan colo-colo yang merupakan bumbu yang berasal dari campuran air jeruk nipis atau orang Ambon lebih suka dengan air jeruk lemon cina, dicampur dengan irisan tomat muda, irisan cabe rawit dan sedikit kecap manis.

Ikan Asar Ambon

Ikan Asap Ambon Menjadi Oleh-Oleh Favorit di Ambon

Jika anda berkunjung ke Kota Ambon, tidak salah nya anda mencoba kuliner ini, anda dapat mencobanya langsung ditempat bahkan anda dapat membawanya pulang sebagai oleh-oleh favorit untuk keluarga. Mungkin ada beberapa dari anda yang mengkhawatirkan apakah ikan asar Ambon ini tidak busuk atau basi ? Jawabannya adalah karena proses pengasapan ini merupakan cara pengawetan makanan yang dilakukan secara alami maka ikan ini mampu bertahan hingga 3-4 hari dan dapat disimpan di lemari es yang nantinya bisa anda goreng sebentar dan dapat anda nikmati kembali.

ikan asar galala

 

Baca Juga : Rujak Natsepa

 

Ikan Asap Ambon dapat anda peroleh di jalan Kapten Piere Tandean Galala atau jika anda menggunakan taksi,ojek atau kebetulan jika anda menggunakan jasa Rental Mobil Ambon, anda dapat meminta pengemudi untuk mengantarkan anda ke lokasi tersebut, kenapa harus membeli di lokasi ini, karena penjual ikan asar Galala sudah dibekali cara packaging ikan yang baik oleh Dinas Koperasi dan UKM Kota Ambon yang mereka semua merupakan UKM binaan. Anda juga dapat memesan ikan yang baru untuk kemudian anda dapat bawa sebagai oleh-oleh khas ambon, disarankan anda bisa mengambil pesanan ikan tersebut 3 jam sebelum keberangkatan pesawat, karena lokasi ikan asar galala ini buka 24 jam dan hanya berjarak sekitar 15km atau sekitar 20 menit menuju arah Bandara Pattimura Ambon. Selain di lokasi ini memang ada beberapa lokasi lain yang menjual ikan asap ini, namun anda akan kesulitan membawanya karena di lokasi lain seperti Pasar Mardika ataupun Di Jalan Jenderal Ahmad Yani Batu Meja Samping Polda Maluku, tidak melayani proses packaging seperti pedagang ikan asar Galala

Kirimkan Pesan Anda
Hubungi Kami
MEDIA RENTAL CAR & TOUR AMBON
CV.Media Lintas Sarana Maluku
#LangganannyaPejabat #LangganannyaWisatawan #LangganannyaSelebritis

Kami Menyediakan Berbagai Jenis Kendaraan Dengan Transmisi Matic dan Manual.

Silahkan Kirim Pesan Anda, Dengan Menekan Tombol Kirimkan Pesan Dibawah ini :
Powered by