Reservasi / Pemesanan Hub. 081 247 134 134 (24 Jam) Atau (0911) 3820126 order@keliling-ambon.id

Kue Asida Ambon

Kue Asida merupakan makanan khas bulan ramadhan bagi warga Ambon, Dari beberapa sumber yang kami baca, Kue ini merupakan kue khas Arab atau timur tengah yang terbuat dari tepung ketan dan memiliki rasa yang manis serta tekstur dan warna seperti dodol yang sering kita rasakan kelezatannya. Jika kita melihat secara sejarah dan demografi dimana warga kota Ambon ada beberapa yang merupakan keturunan Arab dan sejarah pun membuktikan bahwa Bangsa Arab juga pernah berkunjung ke Maluku untuk berdagang dan mencari rempah-rempah, sehingga masuknya bangsa Arab ke Maluku inilah yang menyebabkan masuknya beberapa budaya Arab ke Indonesia khususnya di Maluku hingga saat ini beberapa Kuliner Di Ambon pun merupakan warisan dari bangsa Arab.

 

Resep Kue Asida Ambon

Kelebihan kue asida khas Ambon ini adanya aroma kayu manis yang terasa ketika dimakan, sehingga dengan rasa nya yang manis, lembut dan kenyal seperti dodol, maka makanan ini menjadi makanan favorit warga kota Ambon ketika memasuki bulan suci ramadhan. Kue Asida ini mudah sekali ditemui di Ambon, banyak penjaja kue atau makanan untuk berbuka puasa khususnya yang menjual kue asida ini di seputaran jalan Batu Merah, Waihaong dan Di Depan Pintu masuk Mesjid Raya Al-Fatah Ambon. Harga kue ini pun cukup murah dan bervariasi mulai Rp.5000 s/d Rp.10.000 per buahnya. Selain sebagai kudapan di Bulan Ramadhan, makanan ini pula sering disajikan untuk acara-acara besar ataupun makanan penutup untuk tamu-tamu penting yang berkunjung ke Ambon, dan tak jarang juga para tamu pengguna jasa Rental Mobil Ambon pun menanyakan lokasi penjual kue asida ini, karena kelezatannya.

 

Baca Juga : Papeda Makanan Khas Ambon

 

Kue Asida Ambon

Resep Kue Asida Khas Ambon

Berbeda dari daerah asalnya yaitu di Arab, kue Asida khas Ambon ini sedikit berwarna lebih gelap atau coklat kehitaman, adapun bahan-bahan untuk membuat kue asida khas Ambon ini diantaranya adalah Tepung Ketan, gula pasir dan gula merah, beberapa helai daun pandan dan air putih, garam, bubuk extract kayu putih, kapulaga dan mentega. Untuk mengurangi rasa manisnya biasanya kue ini diberikan lelehan mentega dipinggirnya sehingga akan menambah rasa sedikit asin yang berasal dari lelehan mentega tersebut. Cara pembuatannya pun cukup sederhana, anda tinggal mendidihkan air dengan mencampurkan kapulaga, kayumanis, daun pandan, gula merah atau bisa juga menggunakan gula putih. Didihkan air kembali dengan mencampurkan mentega lalu aduk hingga mentega cair kemudian dinginkan. Setelah dingin, saring mentega cair tersebut lalu campurkan tepung ketan aduk hingga rata, kemudian tuang adonan kedalam kuali sambil dimasak dengan api kecil. Aduk terus adonan agar tidak gosong sampai teksturnya mengental seperti dodol, disarankan agar mengaduk adonan dengan menggunakan sendok yang terbuat dari kayu. Setelah Mengental dan seperti dodol kemudia bentuk asida yang sudah hampir jadi tersebut hingga berbentuk bulat dan siramkan dengan lelehan mentega, dan sajikan makanan ini untuk keluarga anda bersama segelas teh manis hangat.

Baca Juga : Ikan Asap Ambon, Kuliner Khas Ambon Yang Murah Dan Patut Anda Coba

Kirimkan Pesan Anda
Hubungi Kami
MEDIA RENTAL CAR & TOUR AMBON
CV.Media Lintas Sarana Maluku
#LangganannyaPejabat #LangganannyaWisatawan #LangganannyaSelebritis
Kami Menyediakan Berbagai Jenis Kendaraan Dengan Transmisi Matic dan Manual.

Silahkan Tulis Pesan Anda
Powered by