Reservasi / Pemesanan Hub. 081 247 134 134 (24 Jam) Atau (0911) 3820126 order@keliling-ambon.id
Pisang Tongka Langit

Pisang Tongka Langit

Pisang Tongka Langit – Nama buah Pisang ini memang sangat unik dan jarang terdengar di telinga kita, namun bagi masyarakat Kota Ambon dan sekitarnya, nama Buah Pisang Tongka Langit sudah tidak aneh didengar, karena Pisang ini tumbuh subur di sekitar Pulau Ambon, Pulau Seram, Pulau Haruku dan Pulau Saparua, dimana kita sudah mengetahui bahwa Provinsi Maluku Dengan Ibukotanya Ambon merupakan salah satu provinsi yang memiliki ribuan pulau, sehingga tidaklah heran bahwa banyaknya pulau-pulau di provinsi Maluku menjadikan Maluku sebagai salah satu destinasi favorit wisatawan di Indonesia. Sebutan nama Pisang Tongka Langit diambil karena keunikannya ketika berbuah di pohon, tidak seperti pisang lainnya dimana pohon pisang ketika berbuah, buahnya akan menghadap kebawah atau ke tanah, namun pohon Pisang tongka langit ketika berbuah, buahnya menghadap ke langit, hal inilah yang menjadikan nama buah pisang yang konon hanya satu-satunya di dunia yang berbuah menghadap atau menjulang ke atas langit.

 

Ukuran Buah Pisang Tongka Langit

Buah Pisang yang memiliki nama latin Musa fehi ini, selain tumbuh di beberapa pulau sekitar pulau Ambon, tumbuh subur juga di tanah Papua, hingga saat ini masih menjadi misteri kenapa pisang ini tumbuh subur di Indonesia timur, karena dalam sebuah literatur seorang ahli pernah melakukan penelitian bahwa pisang ini sempat tumbuh di tanah pasundan Jawa Barat tepatnya di Tasikmalaya, di sekitar kaki gunung Galunggung, namun ketika gunung ini meletus, tumbuhan ini pun punah. Ukuran tanaman atau pohon pisang tongka langit ini konon bisa mencapai tinggi hingga 7,5 meter dan ukuran per buahnya bisa mencapai ukuran 23 – 25 cm dengan berat 300 – 500 gram, merupakan ukuran yang tidak lazim dengan ukuran buah pisang lainnya.

 

Pisang Tongka Langit

Tumbuhan Pisang Tongka Langit

Khasiat Pisang Tongka Langit

Menurut cerita orang tua di Ambon, pisang ini memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah sesuai dengan bentuk dan ukurannya yang besar dan menyerupai bentuk alat kelamin pria, maka konon orang tua di Ambon mengatakan bahwa buah pisang ini mampu mengobati masalah keperkasaan ataupun vitalitas pria, sehingga dengan mengkonsumsi pisang ini, maka dapat meningkatkan gairah dan stamina pria. Selain untuk vitalitas pria, pisang ini juga berkhasiat untuk mengurangi kadar gula dalam darah, sehingga bagi anda penderita diabetes, pisang ini dapat dijadikan referensi untuk mengurangi kadar gula darah anda. Warna buah pisang ini ketika dikuliti akan terlihat berwarna kuning bahkan ada yang berwarna oranye, menurut penelitian para ahli menyebutkan bahwa buah pisang ini merupakan buah pisang yang paling kaya vitaminnya, karena mengandung vitamin A, Vitamin C dan kaya akan Beta karoten, dimana kita mengetahui bahwa fungsi Beta karoten yaitu mampu melawan radikal bebas dalam tubuh, dimana radikal bebas merupakan penyebab utama penuaan dini.

 

Ukuran Pisang Tongka Langit

Ukuran Pisang Tongka Langit

Dimana Membeli Pisang Tongka Langit

Hampir rata-rata tamu yang berkunjung ke Kota Ambon untuk berwisata maupun melaksanakan perjalanan dinas, menggunakan jasa rental mobil Ambon Media Rental Car, yang sudah mendengar khasiat buah pisang ini selalu meminta kepada pengemudi untuk dibawa ke lokasi penjualan pisang tongka langit. Uniknya pisang ini tidak dijual per tandan seperti membeli pisang lainnya, biasanya pisang ini dijual per buah. Di Ambon terdapat beberapa lokasi penjualan pisang tongka langit, diantaranya di Pasar Buah Mardika, Pasar Buah Kampung Jawa, dengan harga bervariasi sekitar Rp.5.000 s/d Rp.10.000 per buahnya, namun sayangnya pisang ini tidak dapat langsung dikonsumsi seperti layaknya mengkonsumsi buah pisang secara umum. karena pisang ini memiliki tekstur daging buah yang padat, maka untuk mengkonsumsi pisang ini anda harus merebus atau membakar pisang ini kurang lebih 10 hingga 20 menit, hingga buah pisang ini lunak sehingga barulah anda dapat menikmati buah pisang yang memiliki rasa manis dan asam ini sambil ditemani segelas kopi atau teh hangat. Jangan lupa, apabila anda berencana ke Kota Ambon untuk melakukan perjalanan dinas ataupun berwisata, anda dapat menggunakan jasa rental mobil ambon Media Rental Car, yang sudah berpengalaman sejak tahun 2012 ddalam menangani kunjungan dinas pejabat maupun wisatawawan mancanegara.

Kirimkan Pesan Anda
Hubungi Kami
MEDIA RENTAL CAR & TOUR AMBON
CV.Media Lintas Sarana Maluku
#LangganannyaPejabat #LangganannyaWisatawan #LangganannyaSelebritis
Kami Menyediakan Berbagai Jenis Kendaraan Dengan Transmisi Matic dan Manual.

Silahkan Tulis Pesan Anda
Powered by